28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Dinas Perpustakaan Tubaba Galakkan Program Budaya Membaca

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, sedang gencar melaksanakan program sosialisasi membaca tingkat TK, SD, dan SMP, di seluruh Kabupaten Tubaba.

Dikatakan Sekretaris Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Hudaya Ahra, kepada media Newslampungterkini.com, Senin (19/8/2019) bahwa program budaya membaca saat ini sedang di galakkan.

“Untuk tahun ini Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah sedang melaksanakan program budaya membaca terhadap anak sekolah tingkat TK, SD, dan SMP, jadi kita sebulan minimal 15 kali mengunjungi setiap sekolah di Tubaba ini untuk sosialisasi membaca buku,” Kata Hudaya Ahra.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Lanjutnya, sembari mensosialisasikan gerakan tersebut, dengan membawa mobil perpustakaan keliling, ditargetkan di tahun 2020 dapat mengundang anak TK, SD, SMP untuk datang di kantor perpustakaan untuk membaca atau Literasi sebagai upaya menumbuhkan minat membaca mereka.

“Jadi kita harapkan ada perubahan pola pikir anak-anak, yang biasanya main HP sekarang bisa lebih banyak membaca buku, adapun untuk anak SMA itu jarang kita lakukan sosialisasi karena mereka sudah masuk dinas pendidikan provinsi,” Terangnya.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Lebih jauh ia jelaskan, dalam menggapai harapan itu semua, saat ini Dinas Perpustakaan sedang menyusun bahan untuk diajukan untuk dibuatkan Peraturan Bupati tentang kearsipan.

“Namun kita saat ini terkendala dengan tempat, karena kalau arsipkan harus ada ruangan Khusus untuk menyimpan segala kearsipan, untuk itulah kita juga sedang mengajukan pembangunan kantor baru, dan saat ini kita sedang proses segala kelengkapan yang diperlukan dalam pengajuan,” Jelasnya.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Adapun untuk bantuan buku saat ini Dinas Perpustakaan belum bisa melakukan penyuluhan ke sekolah maupun masyarakat.

“Kita saja masih kekurangan buku di Dinas ini, kadi belum bisa melakukan seperti hibah atau bantuan buku terhadap sekolah-sekolah, untuk kita masih terus berbenah dan melengkapi apa saja kebutuhan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah ini,” pungkasnya.

 

Laporan : Dedi Priyono 

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.