27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Walikota Metro Hadiri RAKERNAS APEKSI XIV Tahun 2019 di Semarang

Newslampungterkini.com METRO – Walikota Metro Achmad Pairin didampingi jajaran Disporapar Kota Metro menghadiri  rapat kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIV tahun 2019 di Kota Semarang, pada Selasa (02/07/2019).

Tema besar RAKERNAS APEKSI 2019 ini adalah penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah guna mendukung  kemandirian daerah dalam rangka mengimplementasi pelaksanan otonomi daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Turut menjadi pemateri dalam Rakernas kali ini Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri PANRB Syafruddin.

Menurut Kepala Disporapar Kota Metro Tri Hendriyanto, Delegasi Kota Metro sudah mengikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung selama lima hari terhitung 2-6 Juli 2019.

“Delegasi Kota Metro juga akan menampilkan pawai budaya yang dimana Walikota Metro ikut menjadi peserta pawai budaya,” ujarnya.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengungkapkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah pusat serta ucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah kota dalam pelaksanaan Pilkada, Pileg dan Pilpres 2019 yang berjalan dengan demokratis, aman dan mencapai tingkat partisipasi yang tinggi.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Ia juga menyebutkan empat hal yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan otonomi daerah, yaitu kreativitas dan inovasi yang berbasis kearifan lokal setiap daerah, dukungan infrastruktur yang telah bertumbuh pesat harus dimanfaatkan oleh seluruh pemerintahan kota.

Sinergitas pemerintahan kota melalui Apeksi akan berdampak positif bila disinergikan pemerintah, serta kota harus bisa mempertahankan identitas diri.

 

(DD/Kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.