27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Gubernur, Dirjen dan Dubes Palestina Puji Suksesnya MTQ ke-47 Tingkat Provinsi Lampung di Tubaba

Newlampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Nuansa unik pada pembukaan Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) ke-47 tingkat provinsi Lampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mendapat pujian dari Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo, Dirjen Binmas Kementerian Agama Republik Indonesia Prof.Dr. M.Amin dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, Sabtu (27/4/2019) sekitar pukul 22.00 Wib.

Kekaguman tamu kehormatan dan ribuan tamu undangan yang hadir itu, atas suasana yang diciptakan pada lokasi pusat kegiatan yang tertata dengan Ornamen Bambu dan tampilan setiap rangkaian acara yang disusun oleh panitia penyelenggara Kabupaten Tubaba.

Dalam pidato Bupati Tubaba Umar Ahmad menjelaskan sejumlah konsep dan inovasi di arena MTQ Ke-47 Provinsi Lampung ada simbol perjalanan manusia dalam memanfaatkan waktu antara lain tercermin dalam ‘Lorong Waktu’ merupaka sebuah terowongan bambu yang merupakan jalan akses menuju jalan mimbar utama MTQ, di Kompleks Islamic Center.

Sedangkan empat konstruksi batang bambu yang terdiri dari Lorong tersebut membentuk Bubu (alat buat menangkap ikan air tawar) sepanjang 200 meter tersebut melambangkan kondisi keberadaan wilayah Tubaba yang banyak genangan air, embung dan dilintasi sungai.

“Bubu tersebut menjadi lorong waktu perjalanan manusia supaya tidak merugi. Kemudian 9 Menara, yang melambangkan jumlah kecamatan di Tubaba, dimana lima menara didirikan di lorong waktu sebagaimana pengingat waktu sholat dan empat menara lainnya mengelilingi titik orientasi yang melambangkan arah mata angin utama,” Terang Umar Ahmad.

Lanjutnya, Bangunan Kafilah dan Dome panggung atau Mimbar yang berfungsi panggung utama. Domenya mengambil analogi bentuk rebung bambu yang merupakan tunas awal kehidupan di bumi. Interiornya dibuat seperti gua hira tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama.

“Semoga kita semua termasuk orang orang yang berkualitas terbaik orang orang yang selalu bersyukur. Untuk itu mudah-mudahan penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Tulang Bawang Barat benar-benar dapat menjadi sarana bagi Umat Islam untuk makin menghargai waktu, memanfaatkannya untuk meraih cahaya dari sang khalik,” tutupnya.

Sementara itu pada Pidato Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, mengatakan bahwa kegiatan yang telah menjadi tradisi yang melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa Indonesia, pada pelaksanaan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Lampung tersebut diakuinya berbeda dari sebelumnya.

“MTQ di Tubaba sangat unik dengan Ornamen Bambu yang ada dan ini saya maknai sebagai pelebur tensi masyarakat pasca pemilu 2019. Kegiatan ini juga  menurut saya adalah salah satu kegiatan yang selain sebagai wadah untuk meningkatkan iman dan taqwa kita, tapi juga sebagai penyejuk kehidupan bermasyarakat,” Kata Gubernur Lampung dalam pidato pembukaan MTQ ke-47 yang berlangsung di Islamic Center Tubaba.

Ridho menuturkan, bahwa kegiatan MTQ dapat dijadikan sebagai benteng keimanan masyarakat dalam mensyukuri pesatnya segala kemajuan pembangunan daerah.

“Dengan kegiatan MTQ ke-47 yang menurut saya bagian dari kegiatan untuk meredakan urat saraf masyarakat setelah pelaksanaan pemilu 2019, MTQ harus kita meriahkan bersama, harus membumikan al-Quran maka kegiatan menanamkan nilai-nilai al-Qur’an kepada anak dan keluarga kita,” terangnya.

Ridho juga mengatakan, bahwa MTQ adalah benteng keimanan masyarakat kita atas pesatnya pembangunan di Provinsi Lampung saat ini.

“Jangan sampai masyarakat kita menjadi lupa diri. MTQ juga sebagai media dalam menanamkan nilai-nilai Alquran kepada anak-anak kita, dan menjadi benteng terakhir untuk menjaga anak-anak kita dan masyarakat dari hal-hal yang tidak diinginkan,” pesannya.

Pada pembukaan acara, tersebut hadir, Duta Besar Palestina untuk RI, Zuhair Al Shun. Dirinya mengucapkan terimakasih atas sambutan masyarakat. Zuhair menilai MTQ di Provinsi Lampung menunjukan peradaban yang luar biasa dengan berdasarkan kepada kitab suci Al-Quran.

“Selamat atas kesuksesan acara ini, semoga Bangsa ini tetap menjadi Bangsa yang maju dan tetap berpegang teguh kepada persatuan dan kesatuan. Kami tidak akan pernah melupakan perhatian Indonesia kepada rakyat kami,” katanya.

Bukan hanya itu Zuhair juga mengajak masyarakat Lampung untuk selalu mendoakan Palestina dan bersama sama melindungi Masjidil Aqsa. Pada bagian lain, Zuhair mengatakan menghargai peran penting Indonesia yang telah membantu menciptakan perdamaian Palestina.

“Pemerintah Palestina mengucapkan terimakasih atas dukungan dan support yang telah diberikan oleh Indonesia sampai saat ini. Meskipun menempuh perjalanan jauh dari Jakarta menuju Tubaba, rasa lelah Zuhair sirna melihat sambutan yang luar biasa dan meriahnya MTQ yang diadakan oleh Pemprov Lampung khusunya Kabupaten Tulang Bawang Barat,” pungkasnya.

Pujian juga disampaikan oleh Dirjen Binmas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. M.Amin M.Ag atas suguhan lokasi kegiatan dan penyambutan ribuan tamu yang hadir.

“Saya menemukan MTQ yang unik dari berbagi kegiatan MTQ yang sering saya hadiri, suguhan dengan konsep almi seperti ini mudah – mudahan dapat memberikan contoh kepada daerah lainnya di seluruh Indonesia,” kata Dirjen Binmas Islam dalam pidatonya mewakili Menteri Agama.

Menurunya, pelaksanaan MTQ tersebut bukan hanya milik umat islam semata, namun milik umat semua.

“Yang perlu dikatehui bersama kepada seluruh masyarakat yang hadir, dalam event MTQ ini bukan hanya sekedar mencari menang dan kalah, tetapi menjadi ajang untuk mengajari anak anak untuk belajar al-Quran. Untuk itu atas nama ketua LPTQ nasional menyampaikan selamat kepada Gubernur Lampung, Bupati Tubaba atas suksesnya pelaksanaan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Lampung di Tubaba,” pungkasnya.

 

Advertorial

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.