28 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Dekranasda Lampung Selatan Tampilkan Kerajinan Lokal di Lampung Fair 2019

Newslampungterkini.com LAMPUNG SELATAN – Event tahunan Lampung Fair 2019 yang digelar Pemerintah Provinsi Lampung di kawasan PKOR Way Halim Bandar Lampung menjadi media bagi kabupaten dan kota di Provinsi Lampung untuk menampilkan hasil pembangunan.

Lampung Fair 2019 yang akan berlangsung hingga 3 Mei mendatang tersebut juga diikuti oleh pihak BUMN, Perusahaan Swasta, Perbankan, UMKM, Kuliner, Pameran Otomotif yang menampilkan berbagai produk hasil usahanya.

Di anjungan Kabupaten Lampung Selatan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Selatan ikut menampilkan berbagai produk unggulan berupa kerajinan tangan para pengrajin dari kabupaten setempat.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Senam Sehat Bersama Eva-Deddy

Ketua Dekranasda Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto mengatakan, produk-produk yang ditampilkan oleh Dekranasda, adalah murni hasil seluruh pengrajin asal Lampung Selatan.

Salah satu diantara produk unggulan seperti “Thukus” yang asli berasal dari Desa Kahuripan Kecamatan Penengahan. Kerajinan itu kata Winarni, merupakan kerajinan tangan masyarakat setempat, yang biasa digunakan untuk penutup kepala sehari-hari pengganti topi atau peci.

Baca Juga :  Mirza Dukung UMKM Lampung Naik Kelas

“Kami berharap melalui Dekranasda dapat mengenalkan Thukus kepada masyarakat luas. Selain itu juga dapat mengangkat ekonomi kreatif industri rumahan di Lampung Selatan,” ujar Winarni disela-sela meninjau stand Dekranasda di Anjungan Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (20/4/2019).

Hal senada juga diungkapkan Mariam. Pengrajin Sulam Usus yang bertugas sebagai Juru Pamer (Jupam) Dekranasda Lampung Selatan mengungkapkan, semua produk yang dipamerkan merupakan produk asli yang dibuat oleh masyarakat Lampung Selatan.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Semua produk di stand ini adalah hasi kerajinan tangan para pengrajin Lampung Selatan,” kata wanita setengah baya yang beralamat di Desa Hajimena Kecamatan Natar itu.

Sumiarti Sapri, pengrajin kain Tapis yang beralamat di Perumahan Ragom Mufakat Kalianda juga turut serta mengisi stand Dekranasda. “Kalau saya dari Kalianda, saya membawa hasil kerajinan tangan Tapis,” tuturnya.

 

Laporan : Adam/Us/Kmf

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.