27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Junaidi Manfaatkan Sampah di Pantai Kerang Mas Jadi Mainan Bernilai Ekonomis

Newslampungterkini.com LAMPUNG TIMUR – Junaidi warga Dusun 6 Desa Muara Gadingmas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, membuat miniatur mainan berbahan sampah sandal, sepatu dan sejenisnya. Sampah tersebut adalah tinggalan para pengunjung tempat wisata Pantai Kerang Mas.

Saat ditemui Newslampungterkini.com di lokasi wisata Pantai Kerang Mas pada Minggu (17/03/2019), Junaidi mengatakan, ide membuat miniatur mainan sampah setelah melihat banyak sampah bercecer di objek wisata tersebut.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

“Kebetulan tinggal saya di Desa Muara Gading Mas dan saya sering melihat banyak sampah yang datang dari laut, seperti sampah sendal, sepatu ,dan sampah lainnya yang ada di tempat wisata pantai ini, saya mulai ada inisiatif gimana caranya saya bisa memanfaatkan sampah ini bisa manjadi manfaat, dan tidak harus di buang,” katanya.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

“Kemudian saya mencoba untuk membuat miniatur mainan anak-anak seperti, kapal kapalan, perahu laut miniatur rumah rumahan dan berbagai bentuk lainnya dengan menggunakan material tambahan seperti lem, besi, dan kawat,” tambahnya.

“Setelah melalui proses pembikinan dan miniatur itu jadi saya coba memasarkan di tempat wisata Pantai Kerang Mas pada hari hari libur, dan alhamdulilah jerih payah saya membuahkan hasil walau pun tidak seberapa,” jelas Junaidi.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Junaidi menyatakan, mainan kreasi buatannya memanfaatkan barang sampah di pinggir pantai kini menjadi tambahan biaya hidup keluarga.

“Dan yang lebih penting bisa menjaga kebersihan pantai Kerang Mas dari sampah yang datang dari laut dan sampah dari para pengunjung pantai,” ujarnya lagi.

 

Laporan : Slamet Riyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.