27 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Sigma Tank Dibangun Sepanjang 450 Meter di Komplek Dunia Akhirat Tubaba

Newslampungterkini.com TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun sistem resapan air modern menggunakan Sigma Tank diwilayah Komplek Islamic Center sepanjang 450 meter.

Sigma Tank merupakan Tangki Resapan Modern untuk menyerap air hujan di dalam tanah yang dirancang khusus untuk manajemen stormwater, resapan air dan penyimpanan air.

Dikatakan Baharuddin kepala bidang Bina Marga yang didampingi Mardi tim pengawas pada dinas PUPR Tubaba, bahwa pembangunan sistem resapan air tersebut berawal dari ide Bupati Tubaba Umar Ahmad saat berkunjung di daerah Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Pak Bupati melihat di daerah Jawa Barat saat hujan deras turun dan  cepat terserap, sebab selain memudahkan serapan air, Sigma Tank ini lebih mudah mengalirkan air dengan cepat. Maka Komplek Islamic Center ini kita gunakan sistem itu, sebab jika hujan air sering tergenang dengan volume yang banyak” Kata Baharuddin saat di wawancarai di lokasi pembangunan sigma tank dikomplek Islamic Center Tubaba pada Selasa (18/12/2018).

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ramaikan ‘Ikat Run Unila 2024’

Selain meresap air dengan cepat, dikatakan Baharuddin, setelah pamasangan sigma tank, pada permukaannya akan mudah ditanam rerumputan sehingga tidak bangun tidak terlihat.

“Nanti bangunannya akan tertimbun dan tidak terlihat, dan sirkulasi air akan bekerja di dalam saluran sigma tank secara optimal, atau disebut drainase dalam tanah,” ujarnya.

Baca Juga :  Hari Santri 2024, Pj Gubernur Lampung Lepas Jalan Sehat Sarungan

Lanjutnya, untuk penyelesaian sigma tank tersebut, menurut Baharuddin akan rampung dalam beberapa hari kedepan dan paling lambat 30 Desember 2018.

“Insyaallah paling lambat 30 Desember 2018 akan selesai dan bangunan ini sepanjang 450 meter. Ini juga dilakukan dalam rangka persiapan kegiatan MTQ tingkat Provinsi yang akan di laksanakan di Komplek Islamic Center, sehingga pada saat hujan deras air lebih mudah terkendal,” Imbuhnya.

 

Laporan : Dedi Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.