26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Dalam Kesederhanaan, Anak-Anak Lampung Timur Ini Mengukir Prestasi

Newslampungterkini.com LAMPUNG TIMUR – Belajar dan berprestasi, Hal ini yang menjadi salah satu motivasi beberapa anak Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan KPM PKH untuk terus belajar dan berprestasi meski ditengah kondisi ekonomi keluarga yang minim. (22/7/2018)

Seperti halnya di Kabupaten Lampung Timur, ada beberapa anak KPM PKH yang mengukir prestasi akademik maupun non akademik tepatnya di kecamatan Way Jepara. kabar baik ini tidak terlepas dari peran beberapa pihak baik keluarga, sekolah, dan lingkungan.

Diah Andreani (18), Putri dari Lastri yang merupakan salah satu keluarga penerima manfaat PKH di desa Sri Rejosari. Meskipun kondisi ekonomi keluarganya sederhana namun tidak membuat dia patah semangat dan putus asa.

Pembawaan yang kalem dan santun tidak banyak yang tahu bahwa ternyata dia adalah seorang pendekar bela diri atau pencak silat. Bahkan menjuarai beberapa perhelatan perlombaan mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat  nasional.

Beberapa prestasi yang telah berhasil ditorehkan Diah Andreani adalah :

  1. Juara 2 kelas B Putri Pencak Silat Batavia Utara Championship 23-26 Oktober 2017 (Nasional).
  2. Juara 2 kelas 2 B Putri (Perak) Pencak Silat Lampung Championship 2017  (Provinsi Lampung),
  3. Juara 3  Seni tunggal putri try out Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate tingkat Provinsi Lampung, 29-31 Desember 2016.
  4. Juara 2 cabang Pencak Silat tunggal putri pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 14-15 Maret 2016,
  5. Juara 3 Seni tunggal putri pada Turnamen SH Cup kabupaten Lampung Timur 25-26 Februari 2017.
  6. Juara 3 kelas a Putri pada Turnamen SH Cub 25-26 Februari 2017.
Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Selain itu, siswi yang punya hobi seni rupa ini baru saja diterima di perguruan tinggi Universitas Lampung (UNILA)  jurusan Tekhnik Geodesi melalui  jalur beasiswa Bidik Misi. Diah Andreani bercita-cita ingin menjadi salah satu inspirasi untuk anak-anak KPM PKH lain di lingkungannya.

Kemudian, Ela Nur Anisa (18), mahasiswi baru penerima beasiswa Bidik Misi jurusan Pendidikan Kimia di Universitas Lampung (UNILA).

Lahir dari pasangan Mustakim dan Maratus Solekah yang merupakan salah satu penerima manfaat PKH di desa Braja Sakti.

Hidup ditengah keluarga yang sederhana tidak membuatnya minder dan pesimis. Bahkan, Ela sapaan akrabnya berhasil menorehkan sebuah prestasi yang membanggakan yaitu juara 2 LCT Kimia SMA/Sederajat Se-Provinsi Lampung 27 Agustus 2017 di UNILA.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

Prestasi ini tentunya mampu memberikan sebuah motivasi untuk dirinya maupun untuk lingkungan sekitarnya.

Lain halnya dengan Yana Setiawati (17), siswi kelas 12 MA Ash-Shidiqi Mataram Baru yang jago berbahasa Inggris dan pidato ini tinggal dan dibesarkan oleh neneknya yakni ibu Trubus yang merupakan salah satu penerima manfaat  PKH di desa Braja Fajar.

Sejak kecil dia ditinggalkan oleh bapak dan ibu di tempat neneknya. Yana sapaan akrabnya, kini menjalani aktivitas belajarnya di Madrasah dan Pondok Pesantren. Tempat dimana ia menempa diri dan mengasah potensi dirinya.

Walaupun ditengah keterbatasan kasih sayang dari orang tuanya tidak membuatnya minim prestasi, seperti menjuarai beberapa kegiatan perlombaan baik tingkat sekolah maupun tingkat kabupaten. Beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan Yana Setiawati adalah :

  1. Juara 1 lomba Dai kegiatan 6th Gebyar Smansawara Competition antar SMA se-Lampung 10 April 2018.
  2. Juara 3 cabang Khat Hias Mushaf putri dalam MTQ XIV tingkat kabupaten Lampung Timur 24-27 November 2015.
  3. Juara 2 MC dalam GEBYAR KPM IAIN Metro se-kecamatan Mataram Baru 18 Februari 2018.
  4. Juara 1 lomba Tahfidz Putri (Umum) Gebyar Milad Yayasan Ash-Shidqi Mataram Baru 21 April 2018.
  5. Juara 1 lomba pidato tingkat MTS Darul Huda 2 dan MA Ash-Shidiqi 11 Januari 2016.
  6. Juara 2 lomba Kaligrafi tingkat MTS Darul Huda 2 dan MA ash-shidiqi 11 Januari 2016.
  7. Juara 2 Lomba Kaligrafi Putri Gebyar Milad Yayasan Ash-Shidiqi Mataram Baru 21 April 2018.
Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

Yana berharap kedepan dia dapat melanjutkan jenjang pedidikannya di Perguruan Tinggi setelah dia menyelesaikan pendidikannya di Madrasah.

Dirinya bercita-cita menjadi salah satu orang yang mampu memberikan pengalaman dan ilmunya kepada orang lain khususnya di pesantren yang telah membesarkannya.

Sejak PKH direalisasikan di Kabupaten Lampung Timur yakni pada tahun 2014 telah banyak memberikan manfaat yang signifikan kepada masyarakat.

Manfaat itu meliputi bidang kemandirian ekonomi melalui KUBE PKH, bidang perilaku hidup atau pola fikir melalui P2K2, bidang pendidikan dan prestasi melalui penjaringan siswa-siswi prestasi dan bidik misi. (red/mus)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.