23 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

3600 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi UTBK Mandiri Unila 2024

News Lampung Terkini

Newslampungterkini.com – Universitas Lampung (Unila) memulai penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi mandiri hari pertama, Senin, 8 Juli 2024, di UPT TIK kampus setempat.

UTBK Mandiri merupakan salah satu program Seleksi Mandiri Unila (Simanila) tahun 2024 yang diseleksi berdasarkan nilai hasil UTBK yang diselenggarakan secara mandiri oleh Unila.

UTBK Mandiri Unila berlangsung selama tiga hari, mulai Senin, 8 Juli 2024 hingga Rabu, 10 Juli 2024. Ujian terbagi atas dua sesi, yakni pukul 07.45-10.35 Wib, dan sesi dua pada pukul 13.00-15.50 Wib.

Baca Juga :  Ahmad Giri Akbar Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung

Humas PMB Unila Muhamad Komarudin, S.T., M.T., menyampaikan, terdapat 3.600 peserta seleksi mandiri di semua jalur. Peserta UTBK Mandiri didukung dengan fasilitas berupa perangkat komputer yang terkoneksi jaringan serta sistem keamanan yang baik sehingga tidak bisa diintervensi pihak luar.

“Peserta juga diperiksa menggunakan metal detector sehingga menghasilkan sistem seleksi yang adil bagi semua peserta, serta sistem seleksi yang transparan,” pungkas Komarudin.

Baca Juga :  Cawagub dr Jihan Nurlela Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Jatiagung

Jumlah peserta UTBK Mandiri mengalami peningkatan dari tahun 2023. Hal ini menandakan meningkatnya kepercayaan dan integritas Unila. Selain itu, terdapat sistem skoring yang sama seperti ujian nasional, sehingga tidak ada perbedaan signifikan.

Unila juga melibatkan pihak luar yang ahli di bidangnya untuk menguji soal ujian mandiri, sehingga dapat memenuhi standar dan kaidah soal ujian yang baik. Untuk menghadapi kecurangan, Unila menyiapkan tindakan tegas sesuai derajat kecurangan yang terjadi.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

UTBK Mandiri Unila sesuai dengan prinsip PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif) diharapkan dapat diimplementasikan di lapangan, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menghasilkan mahasiswa baru berkualitas.

(sn/hm/nn)

Baca Lebih Banyak Berita Klik di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.