26 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Granat Lampung Ajak Anggota PWI Jadi Penyuluh Narkoba Bersertifikat Nasional

Newslampungterkini.com – Ketua DPD Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Lampung Tony Eka Candra mengajak anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung untuk menjadi penyuluh (konselor) narkoba bersertifikat nasional.

“Dari seribuan anggota PWI Lampung, setidaknya 25 orang (Anggota PWI Lampung) bisa ikut memerangi bahaya penyalahgunaan narkotika melalui menjadi penyuluh narkoba,” ujarnya saat beraudensi dengan pengurus PWI Lampung di Balai Wartawan H. Solfian Akhmad, Jalan Ahmad Yani, Bandar Lampung, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga :  Lampung Resmi Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Tony mengatakan calon konselor PWI Lampung akan dilatih oleh tenaga pelatih (trainer) dari Granat dengan menggunakan silabus nasional.

“Jika dinyatakan lulus, PWI Lampung nantinya akan memiliki konselor sendiri dan bisa memberikan penyuluhan bahaya narkotika di kampus, sekolah, dan masyarakat,” kata mantan anggota DPRD Lampung itu.

Tony menegaskan partisipasi PWI Lampung dalam pencegahan dan pemberantasan narkotika sangat penting. Karena menurutnya, praktik penyalahgunaan barang haram tersebut kian merajalela di Indonesia, termasuk di Lampung.

Baca Juga :  Pj Gubernur Hadiri Ramah Tamah dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Acara Syukuran Ketua DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar

“Dari data Granat, jumlah pecandu dan pengguna narkoba di Lampung mencapai 128.000 orang. Sementara versi BNN Provinsi Lampung berjumlah 31.000 orang,” ungkapnya.

Tingginya angka pengguna narkoba, tambah Tony, karena berawal dari rendahnya pemahaman masyarakat terhadap bahaya narkoba.

“Data menunjukan 90 persen masyarakat tidak paham dengan bahaya penyalahgunaan narkotika,” kata dia.

Lebih lanjut, Tony mengajak PWI Lampung bersama Granat dan BNN Provinsi Lampung memerangi praktik penyalahgunaan narkotika.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Lampung Revitalisasi Stadion Pahoman

“Kami berharap PWI Lampung bisa melakukan perjanjian kerja sama (PKS) atau MoU (Memorandum of Understanding) bersama Granat Lampung dan BNN Provinsi Lampung,” ucapnya.

Setali tiga uang, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah menyambut baik tawaran Granat dan BNN Provinsi Lampung. Termasuk tawaran menjadi penyuluh narkoba.

Dia berujar PWI Lampung akan menyiapkan beberapa pengurus dan anggota untuk menjadi calon penyuluh narkoba.

(bg/pwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.