25 Oktober 2024

News Lampung Terkini

Berita Terkini

Pemkab Pesisir Barat Sosialisasi Gerakan Kesehatan Masyarakat

Newslampungterkini.com – Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H didampingi Anggota Komisi IX DPR RI Khoirul Muhtar, SE, MM membuka secara resmi Sosialisasi Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas) dengan Tema Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Produktif di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, di Pekon Sumber Rejo Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat. Selasa (6/12/2022)

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Ketua Tim Kerja Informasi dan Humas Sekretariat Direktorat Jendral tenaga kesehatan Heri Hermawanto, S.Km.,M.Kes, Wakil direktur Poltekkes Tanjung Karang Wadir II Darma Jaya, S.Kep.,M.Kes, Asisten Bidang I Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi,S.Pd.,MM, beserta sejumlah pimpinan OPD dan Tim Pendamping dari Dinkes Pesisir Barat.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H dalam sambutannya menyampaikan, sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat telah melaksanakan percepatan vaksinasi di seluruh lapisan masyarakat, serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dimasa Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

Hasil vaksinasi tersebut Dosis 1 sebesar 79,55 %, Dosis 2 sebesar 65,26 % , Dosis 3 (Booster 1) sebesar 26,54 %, Dosis 4 (Booster 2) sebesar 2,50 % (Nakes dan Lansia).

“Dengan kendala dan tantangan yang dihadapi, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat tetap berkomitmen menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan Kesehatan dengan meningkatkan layanan preventif dan promotif,” jelasnya.

Wakil Bupati Pesisir Barat berharap, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kita semua untuk bekerja sama saling bahu membahu untuk meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi IX DPR RI Khairul Muhktar, SE.,MM menyampaikan, sejak awal tahun 2020 Pandemi COVID-19 memberi tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dan berdampak terhadap sistem kesehatan Indonesia yang terlihat dari penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“Masyarakat Pesisir Barat yang belum vaksin, segera lakukan vaksin selagi vaksin ada dan Gratis, apalagi sekarang kasus Covid-19 meningkat dengan adanya varian baru, vaksin juga banyak kegunaan seperti meningkatkan kekebalan tubuh, terutama apabila saudara-saudara mau umroh, kartu vaksin sangat penting dan berguna sekali,” tutur Khairul.

Lanjunya, BPJS Kesehatan merupakan penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yaitu Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Baca Juga :  Rahmawati Herdian Anggota Komisi IX DPR RI Minta BPOM Perketat Pengawasan

“BPJS Kesehatan kita hadirkan untuk mempercepat terselenggaranya sistem jaminan sosial yang bersifat Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan yang layak bagi pesertanya, berdasarkan prinsip kegotongroyongan, nirlaba, akuntabilitas, portabilitas,” ungkap Khairul.

Anggota Komisi IX DPR RI Khairul Muhktar berpesan untuk mendata ibu-ibu hamil guna memberi bantuan kesehatan guna menghindari stunting yang terjadi.

Dijelaskannya, tujuan diadakan sosialisasi ini agar seluruh masyarakat yang belum melaksanakan Vaksin agar segera untuk Vaksin dan memahami dengan sistem BPJS dapat lebih mengerti dan mendapatkan jalan keluar dari masalah yang dihadapi terkait keikutsertaan BPJS Kesehatan.

“Kegiatan Sosialisasi Advokasi kesehatan ini guna untuk memberikan himbauan edukasi kesehatan kepada masyarakat dan menekankan terjadi penyebaran penyakit yang secara tiba-tiba menyerang anak-anak,” pungkasnya.

(sn/kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 | Newslampungterkini.com | PT Lampung Terkini Mediatama | Newsphere by AF themes.